Saturday, January 7, 2017

Tips Pelajari Pesan Kesalahan BIOS

Macam-Macam Pesan/Peringatan Kesalahan Saat Booting pada PC, Belajar Ilmu - Macam-macam Kode Beep BIOS pada Komputer, TIPS Perbaikan Komputer “BIOS “ | Tutorial Bagi Pemula
Pesan Kesalahan dari BIOS – Banyak sebagian kita yang masih belum memahami dunia teknologi khususnya perangkat lunak. Perangkat lunak seperti komputer ini sudah semakin banyak penggunanya dari semua kalangan, baik orang dewasa dan bahkan anak kecil. Namun, sayangnya mereka banyak yang tidak menyadari dengan masalah-masalah yang akan terjadi pada perangkat lunak yang mereka gunakan, contohnya saja seperti masalah BIOs. Masalah yang satu ini masih banyak sebagian orang yang belum memahaminya. Nah, disini kami akan memberikan informasinya.

Baca lainnya : 5 Cara Mendiagnosa Kerusakan pada Komputer Blank atau Mati Total

Bunyi kesalahan pada BIOS biasanya tidak semua Motherboard akan menandakan kesalahan yang sama dan itu tergantung dari jenis BIOS-nya sendiri. Dan disini ada dua jenis BIOS yang wajib anda ketahui yaitu AMI BIOS dan juga AWARD BIOS. Berikut ulasannya;

[AMI BIOS]

  • Beep 1x : RAM/Memory tandanya tidak terpasang dengan Baik atau bahkan Rusak.
  • Beep 6x : Kesalahan Gate A20, artinya menunjukan Keyboard PC yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri.
  • Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tandanya tidak terpasang dengan baik atau bahkan juga Rusak.
  • Beep 11x : Checksum Error, segera periksa Batre Bios, dan gantilah dengan yang baru

[AWARD BIOS]

  • Beep 1x Panjang : RAM/Memory tandanya tidak terpasang dengan Baik ataupun Rusak.
  • Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa segera dan bisa juga Pemasangan kepada slot-nya tidak pas (kurang masuk)
  • Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau bahkan tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus-menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Macam-Macam Pesan/Peringatan Kesalahan Saat Booting pada PC, Belajar Ilmu - Macam-macam Kode Beep BIOS pada Komputer, TIPS Perbaikan Komputer “BIOS “ | Tutorial Bagi Pemula

Batrey CMOS Rusak / Lemah

Gejala :
Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, hal ini diakibatkan tegangan yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak berjalan normal dikarenakan batre-nya lemah, sehingga settingan BIOS akan kembali ke Default-nya atau setingan standar pabrikan, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.

Solusi :
Segeralah anda mengganti Batrey-nya secepat mungkin.

Gejala :
CPU komputer yang sering Hang?

Solusi :
Ada beberapa faktor penyebab terjadi hanging pada CPU, diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada juga Virus, dan Ada masalah di Hardware misalnya seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil, maka sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan sebab itu akan berakibat lebih fatal lagi.

Baca sebelumnya : Cara tepat Memperbaiki Komputer

Gejala :
Komputer seringkali tampil blue screen dan apa penyebabnya?

Solusi :
Pesan Blue Screen ini bisa disebabkan oleh system windows komputernya ada yang rusak, atau bisa juga disebabkan dari Memory, hardisk, serta bisa juga dari komponen-komponen lainnya, itu tergantung pesan blue screen yang akan ditampilkan.

Gejala :
Komputer jadi lebih melambat dari yang sebelumnya, padahal awalnya komputer tidak begitu lambat.

Solusi :
Penyebab komputer prosesnya melambat dipastikan ada beberapa faktor yang wajib anda ketahui dengan baik yaitu : Space hardisk yang terlalu penuh, dan terlalu banyak program atau software yang telah memakan space harddisk dan juga memory, ada juga virus, serta harddisk badsector.

Nah, kira-kira seperti itulah artikel tentang pembahasan dari Pesan Kesalahan dari BIOS tersebut. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan kali ini bisa memberikan manfaat yang positif bagi anda-anda pengguna teknologi saat ini. Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel kami...

No comments:

Post a Comment