Thursday, January 5, 2017

5 Prosedur Mengatasi PC Mati Total

Prosedur Mengatasi PC Mati Total - Pintar Komputer, Cara Memperbaiki Komputer Mati Total - Patar Tambunan, Komputer Yang Mati Total Komputer mati
Prosedur Mengatasi PC Mati Total - Untuk artikel kali ini saya selaku penulis akan memberikan sebuah informasi prosedur cara mengatasi pc mati total. Ketika pc komputer Anda mati total, maka janganlah beranggapan bahwa semua komponen-komponen yang ada didalam pc komputer sudah tidak bisa digunakan lagi, itu salah besar. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui komponen-komponen mana saja yang rusak ? Dibawah ini akan saya jelaskan mengenai prosedur yang baik dan benar dalam mengatasi pc komputer yang mati total.

Baca lainnya : 6 Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

1. Kabel power
- Pastikan kabel power komputer yang Anda gunakan itu tidak putus. Jika Anda penasaran dengan kabel power komputer yang Anda gunakan, maka anda bisa terlebih dahulu mengeceknya dengan cara menghubungkan ujung dari kabel power tersebut dihubungkan dengan menggunakan multi tester atau multi meter. Jika tidak terdengar adanya suara beep dari multi meter tersebut, maka itu tandanya kabel power tersebut sudah putus.

2. Power supply
- Setelah anda mengecek kabel power komputer dan ternyata masih baik – baik saja, maka langkah yang selanjutnya ialah mengecek power supply komputer. Pada pengecekan power supply ini seharusnya saya selaku penulis membuat sebuah pembahasan khusus, tetapi disini saya akan sampaikan intinya saja.

  • Ambil kabel power 20pin.
  • Hubungkan 1 Kabel yang warna hijau dengan 1 kabel yang warna hitam dengan menggunakan kawat ataupun logam lainnya. Yang mana saja asalkan warna hijau dengan warna hitam.
  • Hubungkan dengan listrik. Kemudian lihat apakah kipas pada power supply komputer menyala atau tidak. Jika kipasnya menyala maka dipastikan power supply masih baik.
  • Pastikan juga port power yang 20 pin di motherboard keadaan baik – baik saja.

3. Mainboard
- Pastikan komponen-komponen yang terpasang pada mainboard komputer sudah terpasang dengan mantap. Seperti kabel power 20 pin, memang harus terpasang dengan baik dan benar.

Prosedur Mengatasi PC Mati Total - Pintar Komputer, Cara Memperbaiki Komputer Mati Total - Patar Tambunan, Komputer Yang Mati Total Komputer mati

4. Front panel
- Jika power supply komputer  tidak ada masalah, sekarang saatnya anda cek dibagian front panelnya. Berfungsi atau tidaknya dari front panel tersebut bisa anda cek dengan cara menghubung singkar pin – pin yang ada pada front panel tersebut. Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

  • Dalam hal ini anda bisa menggunakan obeng.
  • Cari 2 pin power pada front panel.
  • Pastikan PC komputer dalam keadaan tersambung listrik.
  • Lalu hubungkan 2 pin yang tadi disebutkan dengan obeng.
  • Jika PC komputer tidak memperlihatkan tanda – tanda hidup, maka itu artinya front panel tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Tetapi jika PC komputer tersebut hidup, itu berarti front panelnya masih dalam keadaan baik.

5. Kabel front panel
- Anda pastinya tahu yang mana kabel front panel yang saya maksudkan. Periksa kabel yang menghubungkan frint panel ke tombol power. Biasanya kabel yang sangat tipis ini terputus atau solderan pada pangkal kabel lepas. Pastikan semuanya baik – baik saja.

Langkah-langkah diatas bisa anda terapkan nanti dirumah jika anda menemukan kerusakan pada pc komputer anda yang mati total. Demikianlah ulasan tentang Prosedur Mengatasi PC Mati Total tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih banyak kunjungannya...

No comments:

Post a Comment