Sunday, January 1, 2017

5 Cara ampuh Memperbaiki Komputer Sering restart

Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart - Catatan Teknisi, 10 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasi, Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri | DosenIT.com
5 Cara ampuh Memperbaiki Komputer Sering restart - Diantara beberapa hal masalah atau juga kerusakan yang sering terjadi pada sebuah komputer itu adalah kondisi dimana komputer sering restart sendiri. Kondisi komputer sering restart sendiri ini tentu saja begitu  sangat menjengkelkan yang terutama apabila kita sedang melakukan aktivitas pekerjaan kemudian dengan secara tiba-tiba komputer restart sendiri, sedangkan kita masih belum sempat menyimpan dokumen atau juga menyelesaikan pekerjaan tersebut. Menurut pengalaman saya pribadi sendiri terdapat beberapa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan komputer sering mengalami restart sendiri, diantaranya ialah:

1. Komputer sering restart biasanya karena Processor kepanasan
- Processor komputer yang kepanasan (overheat) adalah salah satu faktor penyebab utama komputer anda jadi sering restart sendiri. Untuk cara mengecek terjadinya overheat pada Processor bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah, diantaranya seperti:
  • Melihat kondisi temperatur di menu Hardware Monitor di BIOS.
  • Menggunakan sebuah program monitoring temperatur contohnya seperti CPUID Hardware Monitor.
  • Mengecek secara manual yakni dengan cara membuka casing CPU serta meraba sendiri temperatur dibagian Pendingin (Cooler) Processor tersebut.

- Penyebab utama dari Processor komputer yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal:
  • Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat dibagian pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya saja macet karena debu).
  • Menumpuknya debu-debu pada sirip-sirip Pendingin Processor komputer, ini adalah hal yang seringkali terjadi terutama jika ruangan tempat penyimpanan komputer anda berdebu.
  • Sudah keringnya atau juga bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dengan Pendinginnya.
  • Kondisi ruangan tempat pada penyimpanan komputer anda yang memang sangat panas.

- Untuk mengatasi masalah komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) tersebut kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya ialah:
  • Senantiasa selalu membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU serta Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan kuas cat yang bersih dan juga vacum cleaner kecil.
  • Menggunakan thermal paste untuk sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dengan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering maka sebaiknya diganti.
  • Menyimpan komputer diruangan yang tak terlalu panas (lebih baik ber-AC). Seandainya terpaksa anda harus menyimpan komputer di ruangan yang suhunya cukup panas, maka sebaiknya anda lengkapi casing CPU dengan aksesoris kipas angin tambahan.
  • Menggunakan sebuah program monitoring temperatur misalnya saja seperti CPUID Hardware Monitor (http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html) untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor komputer. Screenshootnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart - Catatan Teknisi, 10 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasi, Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri | DosenIT.com

Baca juga : Harga Keyboard Logitech K400r, Terbaru & Tercanggih

2. Komputer sering restart bisa juga karena Power Supply yang kekurangan daya
- Penyebab kedua pada komputer yang sering restart yaitu kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya lagi bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal tersebut bisa terjadi misalnya saja karena macetnya atau bisa juga matinya Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga akan terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Jika anda merasa curiga dengan performa atau kinerja Power Supply yang terpasang pada komputer sebaiknya ganti dahulu bagian power Supply tersebut dengan Power Supply yang sudah terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, maka sebaiknya anda pakailah sebuah Power Supply dengan daya yang minimal 530 Watt.

3. Komputer sering restart bisa karena VGA Card rusak
- Komputer anda sering restart sendiri bisa juga terjadi karena rusaknya dibagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau juga PCI. Biasanya VGA Card yang rusak tersebut akan terasa cepat atau mudah panas pada bagian pendinginnya, selain itu juga tampilan gambar pada layar monitorpun akan menjadi rusak. Untuk itu jika komputer Anda sering restart , sebaiknya anda lakukan untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart bisa karena Hardisk bad sector
- Sebuah hardisk yang rusak atau juga bahkan terdapat bad sector didalamnya bisa menjadi faktor penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau bahkan komputer tidak bisa booting serta me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan dan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan sebuah program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk dengan secara teratur dan juga pastikan selalu mematikan komputer dengan cara menekan tombol shutdown.

5. Komputer sering restart bisa karena RAM rusak
- RAM yang rusak pun bisa juga menyebabkan komputer anda sering restart, hal ini pernah saya alami sendiri dalam beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer saya selalu restart ketika dinyalakan, meskipun saya sudah memastikan tidak ada masalah lain dengan hardware, komputer tetap tidak bisa booting dan bahkan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang sudah terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.

Demikianlah informasi sederhana tentang 5 Cara ampuh Memperbaiki Komputer Sering restart. Semoga informasi diatas ini bisa membantu masalah pada komputer anda. Terima kasih banya sudah mau berkunjung dan membaca artikel ini...

No comments:

Post a Comment