Monday, March 13, 2017

Cara Merawat Komputer PC

18 Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak, Cara Merawat Komputer Dengan Baik Cara Merawat Komputer Yang, Cara Merawat Komputer Dengan Baik Cara Merawat Komputer YangCara Merawat dan Menjaga Komputer PC Agar Awet - Merk komputer apapun kalau tidak dijaga dengan baik maka tentu saja tidak akan awet, Anda ingin komputer bisa lebih awet, tahan lama dan juga tidak cepat rusak? Disini ada beberapa penjelasan cara merawat komputer agar kondisinya awet dan tahan lama serta makin prima. Anda bisa praktekkan dan memulai untuk menjaga komputer dengan baik. Baca artikel ini : Cara Merawat Komputer Dengan Baik

Inilah 11 Cara Merawat Komputer PC agar Awet dan Tahan Lama

1. Tutup atau close program aplikasi yang tidak perlukan
- Setiap program yang diload atau juga dijalankan tentunya membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyaknya program yang dijalankan pada komputer akan semakin banyak pula memory yang tersita. Hal seperti ini selain bisa menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) dan juga beban kinerja dari komputer itu sendiri pun menjadi lebih berat yang mana akhirnya akan bisa memperpendek umur komponen-komponen pada komputer.

2. Ventilasi yang cukup
- Tempatkan monitor ataupun juga CPU anda sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor atau CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik tentu saja akan menyebabkan panas yang berlebihan pada komputer sehingga komponen atau rangkaian elektronik didalamnya pun akan menjadi cepat panas sehingga bisa memperpendek umur dari komponen-komponen tersebut. Oleh karena itulah sebaiknya anda usahakan jarak antara monitor atau CPU dengan dinding atau tembok minimal 30 cm. Jika perlu pasang saja kipas angin didalam ruangan.

3. Install program antivirus dan updatelah secara berkala
- Untuk dapat mengenali jenis virus-virus yang terbaru pada komputer, sebaiknya anda sering update program antivirus dengan secara berkala. Virus yang sudah terlanjur menyebar di dalam komputer anda bisa membuat anda menginstall ulang pc komputer anda. Hal tersebut ini selain membutuhkan biaya yang lumayan banyak juga akan menyebabkan komponen seperti harddisk akan lebih cepat rusak dibandingkan jika komputer tidak sering diinstall ulang.

4. Uninstall atau buang program-program yang tidak digunakan
- Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita itu akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kinerja komputer akan jauh lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

5. Pakailah UPS/Stabilizer
- Gunakan UPS untuk mengantisipasi listrik yang mati atau padam secara tiba-tiba yang bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen komputer anda yang terutama pada harddisk. Jika anda tidak memiliki UPS, sebaiknya gunakan Stabilizer untuk mengantisipasi serta menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag harddisk secara berkala
- Fungsi defrag ini ialah untuk menata serta mengurutkan file-file harddisk yang berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa supaya mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga beban kinerja komputer juga akan jauh lebih ringan yang mana akhirnya bisa memperpanjang umur harddisk.
Caranya ialah klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi diatas ini diwajibkan tidak boleh ada program-program lain yang berjalan termasuk screensaver yang aktif pada komputer anda sebab akan mengacaukan fungsi defrag ini.

7. Aktifkan screensaver pada komputer
- Selain bersifat estetis, screensaver ini mempunyai fungsi lain yang cukup penting. Monitor CRT juga televisi yang menggunakan fosfor untuk menampilkan sebuah gambar. Jika monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini bisa mengakibatkan monitor bermasalah seperti gambar menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor milik anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka tentu saja screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver bisa dilakukan dengan banyak cara, dan salah satunya ialah klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera.

8. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin
- Sebenarnya file atau folder yang anda hapus itu tidak langsung hilang dari harddisk sebab akan ditampung terlebih dahulu di aplikasi Recycle Bin ini dengan maksud supaya suatu saat nanti apabila anda masih membutuhkan fil e tersebut bisa mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yangg bisa menyebabkan pembacaan harddisk jadi melambat/lelet.

Cara menjalankannya ialah di Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian anda pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu anda centangilah opsi Recycle Bin jika perlu centangi juga yang lainnya (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu klik OK.

9. Pasang kabel ground
- Cassing komputer itu terkadang bisa nyetrum saat dipegang lho, pasang kabel ground guna mengantisipasi cassing nyetrum. Caranya  ialah ambil kabel dengan ukuran panjang seperlunya saja, kemudian ujung satu dihubungkan ke badan CPU (pada casing) dan sedangkan ujung lainnya ditanam didalam tanah. Hal ini akan bisa menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer menjadi hilang dan bahkan tidak menyetrum lagi dan hal ini juga bisa membuat komponen elektronik di komputer anda jauh lebih awet serta tahan lama.

10. Dilarang meletakkan Speaker Active dekat dengan monitor
- Hal ini kedengarannya memang seperti hal yang biasa dilakukan, sebab pada umumnya speaker ini diletakkan didekat sisi kiri monitor dan juga sisi kanan pada monitor supaya terlihat jauh lebih rapi. Akan tetapi tanpa anda sadari medan magnet yang berada pada speaker tersebut ini akan bisa mempengaruhi monitor anda yakni warna monitor akan menjadi tidak merrata atau belang-belang. Saya sarankan jarak speaker sisi kanan dan kiri serta komputer adalah 30cm supaya medan magnet pada speaker tersebut tidak mempengaruhi warna monitor komputer.

11. Bersihkan motherboard dan periferal lain dari kotoran debu secara berkala
- Setidaknya enam bulan sekali hal semacam ini harus anda lakukan. Caranya buka casing cpu terlebih dahulu, setelah itu bersihkan motherboard dan juga periferal lainnya seperti (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dan lain-lain) dengan menggunakan sikat halus. Pada saat komputer anda tidak digunakan sebaiknya tutuplah komputer anda (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga kotoran debu tidak mudah masuk kedalam komputer.

Baca artikel sebelumnya : Cara Merawat Komputer Agar Tidak Terkena Virus

Demikianlah informasi tentangg Cara Merawat dan Menjaga Komputer PC Agar Awet. Mudah-mudahan para pengguna pc bisa merawat dengan baik miliknya agar bisa awet dan panjang umur. Terima kasih banyak kunjungannya...

No comments:

Post a Comment