Saturday, March 11, 2017

Cara Merawat Komputer Dengan Baik

Cara Merawat Komputer Yang Baik | Itupedia, 18 Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak, 10 Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan RusakCara Merawat Komputer Yang Baik - Pada kesempatan Kali ini rajacomputerku akan berbagi tips komputer pada anda-anda pengguna teknologi pc mengenai cara merawat komputer dengan baik dan benar dan tentunya lebih awet bebas gangguan beberpa penyakit yang bisa saja menyerangnya. Komputer tak boleh hanya dipakai dan juga digunakan oleh kita begitu saja, komputer pun juga harus dilakukan perawatan pada komponen-komponennya untuk menjaga komputer agar bisa tetap bisa bekerja dan bisa terus digunakan oleh kita.

Baca artikel ini : 5 Cara sederhana Mendinginkan Prosesor

1. Tutup/close program yang tidak perlukan
- Setiap program yang diload ataupun dijalankan akan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyaknya program yang dijalankan akan semakin banyak pula memory yang tersita. Hal ini selain bisa menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kinerja komputer akan menjadi lebih berat yang akhirnya akan bisa memperpendek umur komponen pada komputer.

2. Ventilasi yang cukup
- Maksudnya ialah tempatkan monitor ataupun CPU anda dengan sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor atau CPU cukup lebar dan juga udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yangg kurang baik akan bisa menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen atau rangkaian elektronik di dalam komputer akan menjadi cepat panas sehingga bisa memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itulah usahakan jarak antara monitor/CPU dan dinding/tembok minimal 30 cm. Jika perlu pasang saja kipas angin di dalam ruangan.

3. Install program antivirus dan update secara berkala
- Untuk bisa mengenali virus-virus baru di komputer, sebaiknya anda update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar pada komputer anda bisa membuat anda menginstall ulang komputer. Hal tersebut ini selain membutuhkan biaya cukup banyak juga akan menyebabkan harddisk komputer anda akan lebih cepat rusak dibanding jika tidak sering diinstall ulang.

4. Uninstall atau buang program yang tidak anda gunakan
- Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan bisa memperlambat proses read/write harddisk, sehingga beban kinerja komputer akan jauh lebih berat sehingga harddisk pun juga akan cepat rusak.

Cara Merawat Komputer Yang Baik | Itupedia, 18 Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak, 10 Cara Merawat Komputer Agar Tidak Lemot dan Rusak

5. Pakailah UPS/Stabilizer.
- Gunakanlah UPS guna mengantisipasi listrik mati atau padam secara tiba-tiba yang bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen komputer terutama pada harddisk. Jika anda tidak punya UPS, maka gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan juga menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag harddisk anda secara berkala.
- Fungsi defrag ini adalah untuk menata serta mengurutkan file-file harddisk yang berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa supaya mempermudah proses read/write pada komputer, sehingga beban kinerja komputer anda pun juga akan lebih ringan yang akhirnya bisa memperpanjang umur harddisk.
Caranya ialah klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Ketika menjalankan fungsi ini sebaiknya tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver yang aktif pada komputer karena hal tersebut akan mengacaukan fungsi defrag ini.

7. Aktifkan screensaver komputer anda.
- Selain bersifat estetis, screensaver pada komputer mempunyai fungsi lain yang cukup penting. Monitor CRT juga televisi yang menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Jika monitor menampilkan gambar-gambar yang sama untuk beberapa saat, maka ada fosfor yang menyala terus-menerus. Hal ini bisa mengakibatkan monitor komputer anda bermasalah yakni gambar menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor komputer anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver-nya tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver bisa dilakukan dengan banyak cara lho, salah satunya ialah klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian anda pilih sesuai selera.

8. Bersihkan Recycle Bin atau file sampah secara rutin
- Sebenarnya file atau folder yang anda hapus tersebut tidak langsung hilang dari harddisk komputer karena akan ditampung terlebih dahulu di aplikasi Recycle Bin ini dengan maksud supaya suatu saat jika anda masih membutuhkannya bisa mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan bisa menyita ruang harddisk yang bisa menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat/lelet.

Caranya ialah di Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau bisa menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > setelah itu pilih drive yang mau dibersihkan > kemudian centangilah opsi Recycle Bin jika perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu tekan atau klik OK.

9. Pasang kabel ground
- Casing komputer terkadang bisa nyetrum saat kita pegang, pasang kabel ground untuk sebagai mengantisipasi casing komputer nyetrum. Caranya  ialah ambil kabel dengan panjang seperlunya, kemudian ujung satunya dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) dan sedangkan ujung yang lainnya ditanam dalam tanah. Hal ini akan bisa menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer menjadi hilang dan tidak menyetrum lagi. Hal ini juga bisa membuat komponen-komponen elektronik pada komputer anda lebih awet dan juga tahan lama.

10. Jangan meletakkan Speaker Active yang terlalu dekat dengan monitor
- Hal ini kedengarannya seperti hal yang biasa dilakukan, karena pada umumnya benda seperti speaker ini diletakkan dekat di sisi kiri dan sisi kanan pada monitor supaya terlihat lebih rapi. Tetapi tanpa anda sadari ternyata medan magnet yang ada pada benda speaker tersebut akan mempengaruhi monitor komputer anda yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau bahkan belang-belang. Dapat saya sarankan jarak antara speaker active anda masing-masing sebelah kiri dan juga kanan adalah 30cm supaya medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna pada monitor anda.

11. Bersihkan motherboard & periferal lainnya dari debu secara berkala
- Setidaknya enam bulan sekali hal seperti ini harus anda lakukan. Buka casing komputernya terlebih dahulu, lalu bersihkan motherboard dan juga periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dan lain-lain) dengan menggunakan sikat halus. Pada saat komputer anda tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu-debu tidak mudah masuk ke dalam komputer anda.

Baca artikel sebelumnya : 3 Daftar Aplikasi Pembuat Film Terbaik khusus Untuk PC

Nah, seperti itulah informasi tentang Cara Merawat Komputer Yang Baik. Semoga saja bermanfaat dan untuk para pengguna pc sebaiknya ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas ini supaya komputer anda lebih awet dan tahan lama. Terima kasih banyak...

No comments:

Post a Comment