Friday, January 6, 2017

Cara tepat Memperbaiki Komputer

Cara Memperbaiki Komputer Hang - Catatan Teknisi, Cara memperbaiki Komputer BlackScreen - Catatan Teknisi, Gejala Kerusakan dan Cara memperbaiki komputer secara Umum
Cara Memperbaiki Komputer - Jika PC anda seringkali menunjukkan adanya sebuah peng-alamatan yang cukup rumit, atau juga menampilkan suatu pesan error, dan mengeluarkan bunyi beep yang terus-menerus secara beraturan atau bahkan tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besarnya sedang dalam masalah, nah..saya akan memberikan sebuah Tips dan solusi untuk mengatasi masalah itu dan PC Anda bisa berfungsi kembali seperti sedia kala. Masalah atau kerusakan yang timbul pada PC biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu: Masalah atau kerusakan Hardware dan juga Software.

Jenis Kerusakan PC bisa dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu:
  1. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)
  2. Kerusakan Pada Software (Perangkat Lunak)

Kerusakan Pada Hardware

- Masalah mengenai komponen Hardware perlu membutuhkan penanganan yang cukup serius karena sangat sulit dilokalisir dan juga disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian serta pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi dan disertai dengan cara mengatasinya. Baca lainnya : 5 Prosedur Mengatasi PC Mati Total

Kerusakan Pada Power Supply

Gejala:
Setelah dihidupkan PC komputer tidak bereaksi apa-apa, dan bahkan tidak ada tampilan di monitor, serta tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, dan juga kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.

Solusi:
Periksalah apakah kabel sudah terhubung dengan benar dan juga steker terpasang dengan baik pada soketnya, dan juga periksa apakah ada tombol on/off dibelakang ya tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On. Jika memang sudah yakin terpasang dengan baik dan benar, tetapi tetap tidak ada respon sama sekali untuk meyakinkan silahkan anda lakukan mengganti kabel power komputer dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, dan kerusakan ada pada kabel power.

Masalah
Setelah dihidupkan PC masih saja tidak bereaksi apa-apa seperti tidak ada tampilan pada monitor, juga tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, dan kipas power supply yang tidak berputar, serta lampu indikator pada monitor menyala.

Solusi :
Lakukanlah seperti langkah yang diatas, tapi jika masih saja belum ada respon positif berarti masalahnya ada pada Power Supply. Silahkan anda mengganti PS nya, dan saya sarankan anda sebaiknya mengganti saja Power Supply yang sudah rusak tersebut dengan yang baru, dan ingat berhati-hatilah dalam pemasangannya.

Catatan :
Jika kerusakannya hanya pada Power Supply saja setelah anda menggantinya, maka komputer akan kembali bekerja secara normal. Terkecuali jika ada masalah pada komponen  lainnya seperti masalah pada Mother Board, VGA Card dan juga Memory.

Baca juga : 5 Cara Mendiagnosa Kerusakan pada Komputer Blank atau Mati Total

Kerusakan Pada Motherboard

Gejala :
Setelah PC dihidupkan, tapi tidak ada tampilan pada monitor, dan lampu indikator (led) di panel depan menyala, juga lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, serta kipas power supply dan juga kipas procesor berputar, dan terakhir tidak ada suara beep di speakernya.

Solusi :
Langkah yang pertama lepaskan semua kabel power yang sudah terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan juga semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepaskan semua sekrup penutup cashing-nya. Dalam keadaan casing yang terbuka dan silahkan anda lepaskan komponen-komponen lainnya seperti kabel tegangan dari power supply yang sudah terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, dan harus ingat hati-hati dalam pengerjaannya ya, jangan sampai terburu-buru. Begitu juga dengan komponen Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang masih menempel pada cashing hanyalah MotherBoard saja. Silahkan anda periksa pada Motherboadnya dengan secara teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan juga yang lainnya apakah ada komponen yang terbakar. Jika tak ada tanda-tanda pada komponen yang terbakar, kemungkinan besar Motherboard masih cukup bagus, tetapi ada kalanya Mother board tersebut tidak jalan karena kerusakan pada program-program yang terdapat di BIOS.

Gejala :
Pada saat CPU komputer dinyalakan, lalu kemudian melakukan sebuah proses Post dan setelah itu proses tersebut tidak berlanjut hingga diam beberapa saat serta tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian juga di layar monitornya ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, dan setelah itu muncul sebuah pesan “press F1 to continou” setelah anda menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan seperti “Operating system not found”.

Cara Memperbaiki Komputer Hang - Catatan Teknisi, Cara memperbaiki Komputer BlackScreen - Catatan Teknisi, Gejala Kerusakan dan Cara memperbaiki komputer secara Umum

Kerusakan Pada Harddisk

Solusi :
Periksalah kabel tegangan dan juga kabel data yang masuk ke harddisk, jika longgar maka sebaiknya dikencangkan, lalu kemudian nyalakan PC dan cobalah anda dengarkan apakah suara yang akan keluar dari harddisk normal, apabila tidak normal berarti harddisk tersebut rusak di controllernya.

Gejala :
Ketika CPU dinyalakan, lalu kemudian melakukan proses Post dan setelah itu muncul pesan seperti ini “Operating system not found”.

Solusi :
Ada kemungkinan besar Operating system-nya rusak, dan bisa diatasi dengan cara install ulang atau juga jika OS anda memakai windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. Atau juga ada kemungkinan harddisk tidak terdeteksi dan sebaiknya lakukan langkah seperti diatas.

Gejala :
Harddisk bad sector?

Solusi :
Ada beberapa faktor-faktor penyebab terjadinya bad sector dan diantaranya ialah tegangan listrik tidak akan stabil, sering terjadinya putus aliran listrik dengan secara mendadak, setelah pemakaian tidak di shot down, atau pemakaian yang terlalu lama, dan juga ada 2 jenis bad sector yakni fisik dan juga software…..Untuk mengatasinya ialah ada beberapa cara, dan diantaranya ialah menggunakan software guna menghilangkan badsector.

Kerusakan CD/DVD/ROM/RW dan Floppy Disk

Gejala :
  • Jenis kerusakan yang sering ditemui antara lain;
  • Tidak terdeteksi di windows
  • Tidak bisa keluar masuk CD
  • Tidak bisa membaca/menulis, hanya bisa membaca saja (CD)
  • Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)

Solusi :
Periksalah kabel data dan juga kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas juga di setup bios apakah sudah benar-benar dideteksi? Dan sebaiknya diset auto. Periksa juga apakah led menyala, jika tidak maka kerusakan di Controllernya.
  1. Kerusakan ada di mekanik motor atau juga karet motor.
  2. Kerusakan Biasanya terjadi pada optik, tapi ada kemungkinan besar masih bisa diperbaiki yaitu dengan cara men-set ulang optik tersebut.
  3. Head Kotor, bisa anda bersihkan dengan menggunakan Cutenbud.
Cara Memperbaiki Komputer Hang - Catatan Teknisi, Cara memperbaiki Komputer BlackScreen - Catatan Teknisi, Gejala Kerusakan dan Cara memperbaiki komputer secara Umum

Masalah BIOS

Gejala :
Hati-hati dalam meng-Update Bios, saat anda meng-Update dan keliru memilih versi Bios, maka PC  akan jadi tidak berjalan dan bahkan anda tidak bisa masuk ke BIOS.

Solusi :
Biasanya Update tidak bisa dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentulah yang mempunyai backup BIOS pada Chip-nya, Disitulah tersimpan jenis asli BIOS yang tak bisa dihapus, dan untuk bisa merestore-nya anda hanya tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupkan PC dan tunggulah 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kemudian kembalikan Posisi Jumper di posisi semula, dan kemudian PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard-nya tidak memiliki fasilitas tersebut, maka Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS bisa anda lihat di buku manualnya. Berhati-hatilah dalam pemasangannya dan jangan sampai kaki IC BIOS patah ataupun terbalik Posisinya.

Gejala :
CPU yang mengeluarkan suara bunyi Beep beberapa kali di speakernya serta tidak ada tampilan ke layar monitornya, padahal monitor tersebut tidak bermasalah.

Solusi :
Bunyi suara Beep ini menandakan adanya sebuah pesan kesalahan tertentu dari BIOS tersebut, dan Bunyi tersebut itu menunjukan jenis kesalahan apa saja yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tidak terdeteksi, VGA Card, yang tak terpasang dengan baik, dan Processor bahkan kabel data Monitor –nya pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksalah masalah tersebut. Baca sebelumnya : Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Nah, itulah informasi pembahasan tentang Cara Memperbaiki Komputer tersebut. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini masalah pada PC komputer anda bisa teratasi dengan baik dan benar. Terima kasih banyak dan jangan lupa untuk berikan saran atau kritikan disini guys...

No comments:

Post a Comment