Wednesday, January 4, 2017

6 Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

cara sederhana Memperbaiki Komputer yang tidak dapat booting, cara memperbaiki komputer tidak bisa booting, Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting Dan Tips Cara Mengatasinya
Cara Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting - Salah satu masalah kerusakan pada komputer yang seringkali saya temukan yaitu permasalahan komputer yang tidak bisa booting. Dalam artikel kali ini ada beberapa kasus yang bisa saja terjadi, diantaranya ialah komputer tidak bisa booting serta menampilkan pesan error, komputer booting tetapi kemudian muncul bluescreen dan ada juga komputer booting tetapi kemudian merestart lagi.

Baca lainnya : Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Untuk mengetahui serta memecahkan masalah pada komputer yang tidak bisa booting tersebut, disini ada beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan anda, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, antara lain:

1. Komputer tidak bisa booting serta mati total
- Untuk komputer yang sudah mati total atau tidak ada sama sekali tampilan dan juga suara, maka cobalah check  terlebih dahulu arus listrik, kemudian periksa kondisi power supply komputernya. Dan juga chek semua kabel-kabel yang terpasang, dimulai dari kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel power ke monitor, kabel monitor ke CPU dan juga kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya sudah sesuai dan sangat kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

2. Komputer tidak bisa booting bisa karena adanya masalah pada BIOS.
- Adakalanya komputer akan tampak mati total serta tidak mau booting sama sekali dikarenakan adanya masalah pada BIOS komputer. Berdasarkan dari beberapa pengalaman-pengalaman yang sudah pernah saya alami, ternyata kerusakan pada komputer blank ataupun juga mati total yang berujung pada  tidak bisanya komputer booting ini ternyata bisa disembuhkan dengan cara mereset BIOS komputer.

cara sederhana Memperbaiki Komputer yang tidak dapat booting, cara memperbaiki komputer tidak bisa booting, Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting Dan Tips Cara Mengatasinya

Apabila kipas Processor / VGA komputer berputar, tapi komputer masih belum juga menyala, maka kemungkinan besarnya ada yang tidak beres pada BIOS motherboard atau juga motherboard memang benar-benar sudah rusak.

Baca juga : 10 Cara Sederhana Mengatasi Komputer Lambat

3. Komputer tidak bisa booting bisa karena Hardisk tidak terdeteksi
- Hal ini biasanya ditandai dengan adanya munculnya pesan Disk Boot failure. Dan untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa melakukannya dengan beberapa hal diataranya seperti:
  • Mengechek kondisi kabel IDE ataupun SATA pada Hardisk, maka anda pastikan kabel tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar.
  • Untuk 2 hardisk IDE yang sudah terpasang pada 1 kabel, lalu chek posisi jumper untuk setting-an Master dan juga Slavenya agar jangan tertukar.
  • Chek apakah Hardisk komputer tersebut sudah terdeteksi oleh BIOS atau masih belum, coba di-detect dengan cara satu persatu. Apabila sama BIOS saja tidak bisa terdeteksi, berarti masalahnya ialah ada pada hardisk komputer tersebut.
  •  Cobalah anda pegang permukaan hardisk tersebut, untuk hardisk yang hidup pastinya akan terasa getarannya.

4. Komputer tidak bisa booting bisa karena permasalahan Memori dan juga VGA Card.
- Biasanya untuk masalah ini ditandai dengan terdengarnya suara berbunyi beep yang berulang-ulang, dan juga tampilan monitor yang tidak mau keluar. Untuk mengecheknya ialah:
  • Cobalah lepaskan dulu Memory ataupun VGA Card komputer, lalu pin-nya dibersihkan dan kemudian dipasangkan kembali dengan baik dan benar.
  • Cobalah pasang memory pada slot yang lain.
  • Untuk memory yang lebih dari satu, maka sebaiknya copot saja yang lainnya, kemudian di tes satu persatu (adil sekali, bukan!).
  • Jika masih terdengar suara bunyi beep, maka cobalah ganti saja dulu Memori ataupun VGA Card-nya.
  • Jika CPU komputer sudah kelihatan bekerja, biasanya hardisk berputar serta lampu led CPU yang berkedip-kedip, akan tetapi monitor komputer tidak ada tampilannya, maka kemungkinannya VGA Card komputer anda yang bermasalah. Cobalah ganti dengan VGA Card jenis yang lain atau bisa juga chek VGA tersebut di komputer lain.

5. Komputer yang tidak bisa booting bisa karena Processor kepanasan.
- Processor yang telah overheat, juga bisa menyebabkan komputer anda mati dan ketika dihidupkan ternyata tidak mau booting lagi atau sudah me-restart lagi. Untuk itu lakukanlah langkah-langakh berikut ini berikut:
  • Eks kondisi Heatsink dan juga fan Processor, apakah fan tersebut masih bisa berputar, kotor dan bahkan ada kerusakan-kerusakannya dari fan terlepas dari dudukannya.
  • Jika komputer tersebut masih bisa masuk ke BIOS, maka temperatur processornya bisa dilihat pada bagian Hardware Monitor.

Pastikan kondisi fan dan juga heatsink processor dalam normal, sehingga processor tersebut tidak mengalami overheat.

6. Komputer yang tidak bisa booting dikarenakan hardisk atau sistem Windows yang corupt
Coba dicek dulu kondisi Memory, kalau terpasang lebih dari satu dan tidak kompatibel, biasanya muncul error sistem windows corupt, jadi lepaskan dulu memory yang tidak sejenis.
  • Repair Hardisk seperti sudah saya jelaskan diatas dalam artikel Cara Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting
  • Repair Windows  atau silahkan langsung install ulang sistem operasi komputer Anda.

Mungkin itulah beberapa faktor penyebab komputer tidak bisa booting serta cara pengecekan dan jugs perbaikannya. Untuk mendiagnosa serta memperbaiki komputer yang tidak bisa booting tersebut itu kita juga bisa menggunakan CD UBCD for Windows atau Hiren's Boot  CD. Selamat mencoba..

Itulah informasi tentang Cara Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting tersebut. Mudah-mudahan informasi yang satu ini bisa memberikan manfaat positif bagi anda. Terima kasih banyak atas kunjungannya...

No comments:

Post a Comment