Friday, January 6, 2017

5 Cara Mendiagnosa Kerusakan pada Komputer Blank atau Mati Total

Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total, Cara Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank Atau Mati Total, L.ma: Cara Mendiagnosa Komputer Blank atau Mati
Mendiagnosa Kerusakan pada Komputer Blank atau Mati Total - Suatu saat nanti Anda akan mendapati komputer yang biasanya Anda pakai secara tiba-tiba mati-total, komputer anda tidak bisa booting dan bahkan pada layar monitornya pun tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lalu apa yang harus kita lakukan....? Untuk mendiagnosa faktor penyebab kerusakan pada komputer blank atau mati total tersebut ini, anda bisa melakukan beberapa pengecekan contohnya seperti dibawah ini :

1. Periksa monitor
- Langkah yang pertama untuk memeriksa apa penyebab komputer anda blank ialah dengan cara memeriksa terlebih dahulu monitor komputer tersebut. Siapa tahu komputer anda menjadi blank tersebut karena memang monitornya yang sudah mati bukannya karena komputer yang mati total.

- Untuk itu anda coba lihatlah lampu indikator monitornya apakah menyala, dan kemudian cobalah anda cabut kabel VGA Monitornya, jika tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar ataupun pesan seperti misalnya ini "No Signal Detected" maka kerusakan itu memang terdapat pada komputer anda.

Baca lainnya : 5 Prosedur Mengatasi PC Mati Total

2. Pastikan power supply berfungsi dengan sangat baik
- Buka casing CPU komputer anda, kemudian nyalakan kembali komputer anda dengan cara menekan tombol power, lalu perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard-nya menyala serta fan Processor berputar? Jika masih menyala maka kemungkinan besarnya Power Supply masih berfungsi dengan sangat baik. Sedangkan jika CPU komputer tidak menampilkan tanda-tanda kehidupannya, maka lakukan pengecekan terhadap Power Supply.

3. Reset BIOS komputer
- Berdasarkan dari beberapa pengalaman-pengalaman yang sudah pernah saya alami, ternyata kerusakan pada komputer blank atau mati total tersebut ini bisa disembuhkan dengan cara mereset BIOS komputer.

4. Bersihkan seluruh komponen pada motherboard
- Jika diperlukan, maka cabut terlebih dahulu seluruh komponen pada komputer seperti Processor, Memory dan juga Card-card tambahan lainnya. Bersihkan juga debu serta kotoran yang menempel pada motherboard dengan kuas dan juga vacuum cleaner. Jika ada gunakanlah juga cairan pembersih seperti "electrical contact cleaner" fungsinya untuk lebih membersihkan debu-debu yang telah menempel pada pin-pin IC ataupun komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

Baca juga : 6 Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

5. Rakita kembalii CPU tanpa Hardisk
- Setelah semua komponen-komponen dibersihkan seperti pada penjelasan langkah yang ke-4, kemudian rakit kembali semuanya namun untuk hardisk-nya jangan dulu dipasang. Selanjutnya ialah nyalakan komputer, disini biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti :
  • Komputer menyala dengan normal (bisa masuk BIOS) namun tidak bisa booting. Hal ini tidak jadi masalah sebab hardisk memang tidak dipasang. Kemudian matikan kembali dan pasang hardisk-nya, lalu nyalakan kembali. Jika berhasil booting berarti permasalahannya sudah hampir selesai.
  • Komputer mengeluarkan bunyi suara beep secara berkali-kali. Biasanya ada komponen-komponen seperti RAM dan juga VGA Cardnya yang bermasalah, dan untuk memastikannya cobalah diganti saja dulu dengan komponen-komponen yang sudah ketahuan masih berfungsi dengan baik.
  • RAM dan juga VGA Card-nya sudah diganti namun komputer tetap masih blank. Wah ini sangat gawat sekali, biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau juga Processornya. Menurut pengalaman saya sih kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya disebabkan power listrik PLN yang tidak stabil. Jika ada Processor yang nganggur pinjem saja dulu untuk memastikan kerusakan.

Demikianlah pembahasan perihal Mendiagnosa Kerusakan pada Komputer Blank atau Mati Total tersebut, mohon maaf jika penjelasannya kurang memuaskan, dan saya akan tunggu komentar relevan anda disini. Terima kasih banyak sudah mau berkunjung kesini...

No comments:

Post a Comment