Monday, January 2, 2017

10 Cara Sederhana Mengatasi Komputer Lambat

10 Cara Mengatasi Komputer Lambat - Catatan Teknisi, Cara Mudah Mengatasi Komputer Lambat - Windows 10, Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer maupun Laptop
Cara Mengatasi Komputer Lambat - Setelah dalam postingan yang sebelumnya blog saya ini membahas tentang beberapa hal kerusakan pada komputer misalnya seperti komputer bluescreen, komputer hang, komputer sering restart sendiri dan komputer tidak bisa booting, maka dalam postingan untuk kali ini saya ingin membahas tentang 10 hal yang bisa menyebabkan komputer anda menjadi lambat dan beserta dengan cara untuk mengatasi komputer lambat tersebut.

Pada dasarnya sih untuk mengatasi komputer yang terasa terus-menerus melambat tersebut yaitu dengan melakukan sebuah perawatan secara berkala serta melakukan beberapa langkah tune-up yang sederhana. Bila mana memang diperlukan langkah install ulang windows atau juga upgrade komponen hardware bisa menjadi solusi yang tepat supaya kinerja komputer tetap optimal.

Berikut ini 10 penyebab komputer melambat dan cara mengatasinya.


1. Komputer lambat bisa karena kekurangan memory
- Masalah komputer lambat itu bisa karena minimnya RAM yang terpasang pada komputer dan itu merupakan sebuah hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua para pengguna komputer. Untuk itu anda cobalah chek dahulu kapasitas memory komputer yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dan dengan OS Windows XP serta aplikasi standar maka sebaiknya upgrade-lah memory tersebut menjadi minimal 2 GB. Bagi yang ingin membeli perangkat komputer atau juga laptop baru, saya sarankan anda untuk menggunakan Processor yang sekelas Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dan dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

10 Cara Mengatasi Komputer Lambat - Catatan Teknisi, Cara Mudah Mengatasi Komputer Lambat - Windows 10, Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer maupun Laptop

2. Komputer lambat bisa karena terlalu banyak program yang terinstall
- Secara pribadi saya sendiri sering sekali menemukan komputer terutama milik pribadi sendiri yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi-aplikasi tersebut itu jarang atau juga bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Periksalah program apa saja yang sudah terinstall dikomputer anda dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan kemudian un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

Baca juga : Aksesoris Meja Tempel Komputer Minimalis Terbaru

3. Komputer lambat bisa karena terlalu banyak startup program serta service yang berjalan
- Hal ini masih berkaitan dengan point yang ke-2, semakin banyaknya program yang terinstall, maka semakin banyak pula program-program serta service yang akan dijalankan ketika windows startup. Untuk menonaktifkan startup program serta service yang berjalan otomatis tersebut itu, maka masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, lalu pada tab service dan juga startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak begitu diperlukan. Untuk melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang sedang berjalan, maka kita bisa menggunakan tool Process Explorer. Dengan tool tersebut ini maka kita dapat melihat serta menonaktifkan (kill) aplikasi-aplikasii apa saja yang tidak diperlukan atau bisa juga yang dicurigai sebagai virus.

4. Komputer lambat bisa karena temporary file-nya yang sudah membengkak
- Penyebab dari komputer lambat yang keempat ialah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary tersebut ini adalah sebagai berikut:
  • Windows XP : C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp
  • Windows 7 : C:\Users\\AppData\Local\Temp

Untuk membersihkannya, dengan cara delete-lah file-file itu yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau bisa juga jalankan program Disk CleanUp dengan cara meng-klik start-run, ketik: "cleanmgr" kemudian pilih drive yang akan di-cleanup. Selain itu juga Anda  bisa mencoba software JetClean guna mempercepat komputer anda dengan cara membersihkan file-file serta registry yang tidak diperlukan.

5. Komputer lambat bisa karena terlalu banyaknya program yang berfungsi sebagai 'Security program'
- Security program seperti program antivirus dan juga firewall ini merupakan aplikasi tambahan yang harus atau wajib ada pada komputer, namun janganlah terlalu berlebihan misalnya saja dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus. Untuk masalah pada security windows sendiri, yang terpenting ialah melakukan update, kemudian aktifkan windows firewall dan juga gunakan antivirus yang tidak akan membebani komputer anda seperti Avast Antivirus dan berhati-hatilah saat menggunakan USB Flashdisk atau Memory Card.

6. Komputer lambat bisa karena masalah pada hardisk
- Hardisk merupakan sebuah komponen kedua setelah RAM, yang mana bisa menyebabkan komputer tersebut menjadi lambat. Masalah untuk Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk tersebut ini diantaranya karena:
  • Hardisk low space
  • Hardisk yang terfragmentasi
  • Hardisk yang sudah lama, sehingga RPM komputernya menurun
  • Hardisk error atau bad sector

- Cara mengatasi komputer yang melambat karena masalah dari hardisk diatas adalah:
  • Upgrade kapasitas hardisk-nya dengan cara menambahkan atau bisa juga anda ganti hardisk.
  • Lakukan defragmenter pada hardisk anda dengan secara berkala.
  • Hindarkan hardisk komputer anda dari debu, guncangan serta panas yang berlebih.
  • Perbaikilah kerusakan pada hardisk komputer anda dengan tool checkdisk.

Namun jika Anda mempunyai budget yang lebih, saya sarankan mending untuk mengganti hardisk-nya yang sudah terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

7. Komputer lambat bisa karena virus, malware atau juga spyware pada komputer
- Jika komputer kita sudah terlebih dulu terserang oleh virus atau juga malware, maka sebaiknya anda jalankan Windows Safe Mode, kemudian matikan fasilitas system restore serta gunakanlah program Virus Cleaner misalnya saja seperti Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus ataupun malware tersebut, kemudian lakukan pula update pada sistem operasinya.

10 Cara Mengatasi Komputer Lambat - Catatan Teknisi, Cara Mudah Mengatasi Komputer Lambat - Windows 10, Cara Jitu Mempercepat Kinerja Komputer maupun Laptop

8. Komputer lambat bisa karena system files ada yang 'corrupt atau hilang
- Biasanya hal ini terjadi setelah komputer anda terinfeksi virus dan juga file-file yang terinfeksi tersebut itu terlanjur rusak ataupun terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling mudah ialah dengan cara merepair sistem operasi yang digunakan.

Baca juga : Harga Acer Aspire ZC-105 Terbaru, Lengkap Spesifikasi

9. Komputer lambat bisa karena masalah hardware overheart
- Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, processor, vga card atau juga cpu secara umumnya bisa menyebabkan menurunnya kinerja dari komputer yang pada akhirnya komputer tersebut menjadi hang, lambat atau juga bahkan  sering restart sendiri. Untuk itu anda pastikan sirkulasi udara dibagian dalam CPU komputer berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan bisa berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat bisa karena koneksi jaringan bermasalah
- Hal ini bisa terjadi dikarenakan trafic jaringan komputer yang tinggi, hub atau switch yang hang atau juga adanya virus yang mencoba ingin masuk ke sistem komputer anda. Untuk mengatasinya, maka coba lepaskan dan kemudian pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau juga Roset LAN, restart Switch / hub, dan kemudian gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan apa saja yang keluar dari komputer kita.

Nah, semoga dengan adanya ulasan tentang Cara Mengatasi Komputer Lambat tersebut ini bisa memberikan manfaat pelajaran penting mengenai masalah dan cara mengatasi komputer anda yang sudah melambat. Terima kasih banyak...

No comments:

Post a Comment